Page Nav

HIDE
{fbt_classic_header}

Terbaru :

latest

Disini Ada Tips Mengasah Pisau Yang Benar

Salah satu musuh yang ditakuti juru masak atau ibu rumah tangga mungkin adalah pisau tumpul. Tetapi merawat pisau tumpul tidaklah terlalu...

Salah satu musuh yang ditakuti juru masak atau ibu rumah tangga mungkin adalah pisau tumpul. Tetapi merawat pisau tumpul tidaklah terlalu sulit. Anda dapat mengasahnya kembali, baik dengan batu asah atau batangan baja-alat yang memang banyak dijual untuk mengasah pisau. 

Saat ini akan kita pelajari bagaimana mengasah dan menajamkan pisau dengan menggunakan batangan baja yang memang banyak dijual di pasaran. Biasanya jika kita membeli pisau set, batangan asah ini sudah diikutsertakan. Fungsi utamanya sebenarnya adalah meluruskan mata pisau yang sudah bengkok, bergerigi atau tidak lurus lagi jika kita lihat dari sudut mata pisau tersebut. Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat film (courtesy: alton brown, youtube) untuk menjelaskan hal ini.


Kesimpulan :
  1. Jaga pisau pada sudut 22 derajat, tarik pisau dimulai dari ujung mata pisau bagian bawah menuju ujung tajam mata pisau, tarik ke arah Anda, ulangi minimal 5 kali lalu pindah pisau ke sisi lain untuk mengash sisi lain pisau, lakukan juga minimal 5 kali dan ulangi lagi kesisi lainnya. Lakukan terus sampai merasa pisau sudah cukup tajam.
  2. Dalam mengasah pisau jangan dipaksakan pisau ditekan/diadu dengan baja, biarkan grafitasi yang melakukannya.

Tidak ada komentar