Page Nav

HIDE
{fbt_classic_header}

Terbaru :

latest

Disini Ada Trik Bagaimana Menambahkan "Scan with Windows Defender" di menu Konteks Windows 8

Windows Defender (terdapat di windows 8) bisa diakatakan sebagai antivirus terbaik saat ini. Windows Defender menggantikan Microsoft ...


Windows Defender (terdapat di windows 8) bisa diakatakan sebagai antivirus terbaik saat ini. Windows Defender menggantikan Microsoft Security Essentials yang terdapat di Windows 7. Kelemahan dari Windows Defender adalah tidak bisa di-klik kanan untuk melakukan scan langsung terhadap file atau folder yang ingin dipindai.

Tetapi hal ini bisa diatasi dengan menambahkan opsi ini secara manual dengan hack registri. Trik ini nantinya akan menambahkan pilihan menu kontek "Scan with Windows Defender" ketika Anda mengklik file atau folder yang ingin Anda scan.

Anda dapat menambahkan opsi tersebut dengan 2 cara, yaitu :

1. Menjalankan Registri file

Download file di bawah ini. Setelah Anda download dan ekstrak akan terdapat 2 file yaitu AddWindowsDefenderToContextMenu.reg dan RemoveWindowsDefenderToContextMenu.reg .

    >> DOWNLOAD :  WindowsDefenderContextMenu.zip

 
Jalankan (klik 2x) pada AddWindowsDefenderToContextMenu.reg untuk menambahkan kontek menu "Scan with Windows Defender". Tekan tombol ‘Yes’ dan perubahan registri untuk menambahkan pilihan "Scan with Windows Defender" untuk menu konteks sudah berhasil dan bisa digunakan.

Sedangkan file RemoveWindowsDefenderToContextMenu.reg digunakan jika Anda ingin menghilangkan/menghapus kembali opsi "Scan with Windows Defender" di menu kontek. 

2. Menambahkan Manual

Tekan tombol logo windows+R lalu ketikkan "regedit" di jendela windows RUN tersebut untuk menjalankan Registry Editor.

Cari key HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell .

Klik kanan pada folder key shell. Buatlah folder key baru dengan memilih create a new Key. Namakan folder tersebut dengan WindowsDefender (lihat gambar di bawah ini).


Pilih folder WindowsDefender yang dibuat tadi, da buatlah nilai string baru di panel sebelah kanan dengan klik kanan dan pilih create a new String value. Namakan dengan Icon (lihat gambar) dan kemudian klik 2x pada key Icon tadi dan masukkan nilai : 

%ProgramFiles%\\Windows Defender\\EppManifest.dll

Setelah selesai klik kanan lagi panel seblah kanan ini dan buat nilai string baru dan namakan MUIVerb, lalu klik 2x pada MUIVerb dan masukkan nilai : 

Scan with Windows Defender   (lihat gambar di bawah ini)



Selanjutnya klik folder key WindowsDefender di panel sebelah kiri, buat folder key baru, pilih New, Create a new key dan namakan dengan Command  (lihat gambar di bawah ini).



Klik folder key Command tersebut dan lihat key Default yang ada di panel sebelah kanan dan isikan nilai : 

“C:\Program Files\Windows Defender\MpCmdRun.exe” -scan -scantype 3 -SignatureUpdate -file %1  (lihat gambar di bawah ini)


Selesai.

Ketika Anda gunakan opsi tersebut nantinya, Anda akan melihat proses scan terjadi di sebuah jendela Command Prompt. Anda akan diberi peringatan jika ditemukan adanya permasalahan.




Tidak ada komentar